Tentang Eckankar   Leave a comment

Agama Cahaya dan Suara Tuhan

Eckankar adalah organisasi keagamaan nirlaba dan kuil dengan kantor pusat di Minneapolis, Minnesota. Rumah spiritual Eckankar adalah Kuil ECK di Chanhassen, Minnesota, selesai dibangun pada tahun 1990.

Dasar Keyakinan

Harold Klemp, pemimpin spiritual Eckankar, menggambarkan keyakinan dasar Eckankar sebagai berikut:

Ajaran ECK menentukan sifat Soul (Roh) lebih cermat daripada agama yang lain saat ini

Setiap orang adalah Soul, sebuah partikel Allah yang diutus ke dalam dunia yang lebih rendah (termasuk bumi) untuk mendapatkan pengalaman spiritual. Dimurnikan dengan latihan rohani, ia datang ke dalam kontak dengan Roh Illahi. Tujuannya adalah kebebasan spiritual dalam hidup ini, setelah itu ia menjadi Co-pekerja dengan Tuhan, baik di sini maupun di dunia berikutnya.

Karma dan reinkarnasi keyakinan yang utama.

Kunci untuk ajaran ECK adalah Mahanta, ECK Master Yang Hidup. Dia memiliki khusus kemampuan untuk bertindak sebagai Inner dan Outer Master untuk siswa ECK.

Dia adalah pemimpin spiritual Eckankar, dihormati tetapi tidak disembah. Dia mengajarkan nama kudus Allah, HU, yang mengangkat  rohani ke dalam Cahaya dan Suara Tuhan, ECK tersebut.

The ECK (Roh Ilahi) memurnikan  karma (dosa), sehingga memungkinkan baginya untuk menerima kasih Allah secara penuh dalam hidup ini.

Pengalaman pribadi dengan Cahaya dan Suara Tuhan adalah landasan Eckankar.

Dari semua agama di bumi hari ini, Eckankar menawarkan ajaran paling langsung pada Cahaya dan Suara Tuhan. Pilar kembar ini hilang secara keseluruhan atau sebagian dari yang lain. Orang yang benar-benar menemukan dua aspek dari Allah mengalami perubahan rohani yang lengkap. Hidup menjadi segar dan baru lagi, seperti yang pada anak usia dini.

Asal Bersejarah

ECK, ajaran ini dari Cahaya dan Suara yang telah disampaikan kepada para pencari rohani oleh ECK Masters sejak sebelum sejarah.

Meskipun ajaran ECK memiliki akar kuno, Eckankar diperkenalkan sebagai agama modern pada tahun 1965 oleh Paul Twitchell. Lahir di Kentucky di awal abad kedua puluh, beliau bekerja di Angkatan Laut AS selama Perang Dunia II dan kemudian menjadi wartawan profesional dan penulis.

Seorang pencari spiritual dari usia dini, Twitchell diperkenalkan kepada sekelompok guru spiritual yang akan mengubah arah hidupnya. Ini adalah Vairagi ECK Masters. Sementara mereka melatih dia menjadi ECK Master, ia menjelajahi berbagai tradisi spiritual di bawah banyak guru. Ajaran tinggi ECK telah tersebar ke empat penjuru dunia, dan Twitchell mengumpulkan mereka dan membuat mereka tersedia bagi semua. Pada 1965, ia menawarkan Soul Travel / Perjalanan Roh workshop kepada masyarakat tentang cara untuk pindah ke dimensi yang lebih besar dari kesadaran fisik.

Dalam banyak pembicaraan, artikel, buku, dan wacana, Twitchell menekankan kebebasan rohani pribadi  melalui pengalaman langsung dengan Cahaya dan Suara Tuhan. Sebagai pemimpin spiritual Eckankar dari tahun 1965 sampai kematiannya pada tahun 1971, ia adalah Mahanta, yaitu ECK Master Yang Hidup.

Twitchell dilanjutkan oleh Darwin Gross, yang melayani 1971-1981. Pada tahun 1981 dilanjutkan kepemimpinan spiritual dan temporal Eckankar kepada Harold Klemp.

Harold Klemp telah sangat memperluas kerja dimulai oleh Paul Twitchell. Dalam kepemimpinannya, Eckankar telah ditetapkan sebagai sebuah agama yang berkembang di seluruh dunia dengan penekanan pada pelayanan kepada orang lain dan semua kehidupan.

Eckankar adalah agama yang hidup. Setiap ECK Master Yang Hidup menjaga ajaran murni dan membawa karya maju ECK ke tingkat baru untuk mencapai orang-orang pada waktu itu.

Pemimpin Spiritual

Harold Klemp dibesarkan di sebuah pertanian Wisconsin. Selama masa mudanya, ia menghadiri negara dua kamar sekolah sekolah, kemudian tinggi di sebuah sekolah agama di Milwaukee, Wisconsin.

Setelah kuliah preministerial di Milwaukee dan Ft. Wayne, Indiana, dia terdaftar di Angkatan Udara AS. Di sana ia terlatih sebagai spesialis bahasa di University of Indiana dan sebagai radio intercept operator di Goodfellow AFB, Texas. Kemudian diikuti tur dua tahun tugas di Jepang, di mana ia pertama kali menemukan Eckankar.

Pada bulan Oktober 1981, setelah bertahun-tahun pelatihan spiritual, Harold Klemp menjadi pemimpin spiritual  dari Eckankar. Judul lengkapnya adalah Sri Harold Klemp, Sang Mahanta, ECK Master yang Hidup.

Sebagai ECK Master Yang Hidup, dia bertanggung jawab untuk melanjutkan pengembangan ajaran Eckankar.

Misinya adalah untuk membantu orang menemukan jalan mereka kembali kepada Tuhan.

Ia telah menulis lebih dari empat puluh lima buku.  Berbagai artikel, dan banyak seri wacana dua belas bulan pelajaran (untuk anggota ECK). Di antara yang terakhir adalah Easy Way, The Dream ECK 1 Discourses, The Dream ECK 2 Discourses, The Master 3 Discourses, The Master 4 Discourses,dan Letter of the Light & Sound 1 & 2

Harold Klemp secara teratur berbicara di seminar Eckankar utama (lihat Seminar dan Liburan ). Pembicaraan ini kemudian disiarkan melalui Internet. Lebih dari seratus enam puluh dari pembicaraan ini tersedia sebagai rekaman audio atau video.

Keanggotaan

Eckankar memiliki anggota di lebih dari seratus negara, dan fasilitas di Utara dan Selatan, Amerika, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia. Keanggotaan dalam Eckankar diperbarui setiap tahun. Pada waktu pembaharuan keanggotaan, sumbangan itu diminta untuk membantu mendukung karya-karya umum ECK. Anggota Eckankar dikenal sebagai ECKists atau chelas ECK (siswa).

Organisasi:

Eckankar memiliki struktur hirarkis. Seperti disebutkan di atas (lihat Pemimpin Spiritual ), ECK Master Yang Hidup adalah pemimpin spiritual dan temporal Eckankar. Relawan pemimpin spiritual regional, dikenal sebagai Regional ECK Spiritual Aides (RESAs), laporan ke kuil induk di Minneapolis.

Sebuah Resa adalah pakar ECK ditunjuk untuk mengawasi kegiatan Eckankar dalam negara, provinsi, ditugaskan kepadanya, dibantu oleh sebuah organisasi relawan yang berkoordinasi regional dan lokal kegiatan ECK.

Kuil subordinat disewa oleh kuil induk telah dibentuk di hampir semua negara bagian di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Kuil kuil ini , masing-masing dipimpin oleh seorang Resa, diketahui sebagai Satsang . Satsang memiliki pusat-pusat ECK dan kuil-kuil ECK tempat ibadah, jasa dan acara Eckankar lainnya diadakan.

Rohaniawan ECK

Rohaniawan ECKditahbiskan setelah bertahun-tahun pelatihan dan pelayanan. Pentahbisan didokumentasikan oleh sertifikat ordinasi yang diterbitkan oleh Eckankar. Seorang pakar ECK mengarahkan Ibadah dan Layanan resmi untuk empat perayaan . (lihat Ibadah dan Upacara ).

Setelah periode layanan tambahan, seorang pakar ECK dapat ditunjuk sebagai Inisiator ECK, mampu melakukan upacara inisiasi (lihat Inisiasi ). Setelah menjabat sebagai Inisiator, pakar ECK dapat ditunjuk sebagai ECK Spiritual Aide (ESA). Sebuah ESA melakukan ECK Spiritual Aide sesi. Sesi ESA, meskipun tidak konseling, dapat membantu seorang individu menemukan jawaban sendiri pertanyaan spiritual dan situasi kehidupan melalui bantuan Roh Ilahi. Sebuah ESA tidak menawarkan nasihat tetapi hanya mendengarkan sebagai wahana untuk Roh Ilahi

Rohaniawan Eckankar adalah relawan bukan dibayar untuk pelayanan dan untuk kaya dengan beragam latar belakang anggotanya.

Praktek

Ibadah dan Upacara

Ibadah ECK adalah layanan satu jam. Biasanya layanan dimulai dengan bacaan singkat dari salah satu buku ECK, diikuti dengan menyanyikan HU (diucapkan seperti kata hue)untuk beberapa menit .

HU adalah nama kuno dan suci Allah dan dinyanyikan sebagai sebuah lagu cinta kepada Allah. Selanjutnya adalah  periode yang singkat kontemplasi diam dan sering diskusi terbuka tentang topik spiritual. Banyak layanan juga termasuk musik, menyanyi kelompok, dan pembicaraan. Sebuah Kebaktian ECK dipimpin oleh anggota rohaniawan ECK.

Peristiwa lain ECK biasanya adalah menyanyikan HU (HU Chant), yang terdiri hanya menyanyi HU selama lima belas sampai tiga puluh menit, diikuti dengan kontemplasi diam. The Chant HU terutama untuk ECK anggota.

Ada perayaan ECK empat kehidupan, yang dilakukan oleh para pakar ECK:

• Upacara Para ECK Konsekrasi, untuk bayi dan anak-anak yang sangat muda. Ini merayakan baru kehidupan dan awal dari sebuah fase baru dalam perjalanan pulang Jiwa kepada Allah.

• Ritus ECK of Passage, untuk pemuda di ambang menjadi orang dewasa, pada usia tiga belas.

• Upacara Pernikahan ECK, yang merayakan ikatan perkawinan dan komitmen pasangan untuk membawa kesadaran spiritual yang mendalam untuk kehidupan mereka bersama.

• The ECK Memorial Service, yang menghormati perjalanan Jiwa dan merayakan yang dicintai seseorang hidup dan bagian untuk kehidupan baru di dunia spiritual.

Seminar dan Liburan

Eckankar menawarkan seminar publik mulai dari acara setengah hari,  untuk waktu tiga atau empat hari seminar internasional yang dihadiri oleh beberapa ribu orang. Seminar ECK adalah pertemuan rohani yang berbicara fitur, lokakarya, kebaktian, dan seni kreatif. ECK Master Yang Hidup sering berbicara di seminar ECK besar, secara langsung atau melalui siaran televisi jauh hidup dan melalui Internet.

22 Oktober adalah Tahun Baru spiritual dalam ECK. The ECK tahunan Worldwide Seminar diselenggarakan pada atau dekat dengan tanggal ini dan merupakan waktu reuni dan pembaruan spiritual bagi ECKists sekitar dunia. Sebuah perayaan tahunan kedua adalah ECK Spiritual Keterampilan Seminar, biasanya diadakan pada Paskah akhir pekan. Di luar Amerika Serikat, seminar ECK besar diselenggarakan di Kanada, Eropa, Australia, Asia, dan Afrika.

Eckankar juga memperingati Founder’s Day pada tanggal 17 September menghormati Paul Twitchell dan misinya untuk membangun ajaran modern Eckankar. Sebuah hari dan rasa syukur, itu dilakukan pada hari peringatan transisi  Twitchell.

Wacana Studi dan Kelas

Anggota pelajaran rohani studi Eckankar ditulis oleh ECK Master Yang Hidup. Ini dis-kursus yang dikirim ke ECK anggota setiap tahun dan mempelajari satu pelajaran per bulan.

ECK Satsang kelas bulanan atau setengah bulanan kelompok studi tentang wacana ECK. Eckankar juga menawarkan kelas-kelas diskusi publik tentang buku ECK dan diskusi meja bundar ECK. Peristiwa ini tercatat di newsletter ECK lokal dan regional Eckankar situs Web. Beberapa diskusi buku ECK kelas dilakukan on-line.

Latihan Rohani

Anggota Eckankar melakukan latihan spiritual, biasanya selama dua puluh sampai tiga puluh menit setiap hari. Dalam ini satu perenungan yang tenang membangun landasan rohani berdasarkan pengalaman pribadi dengan Cahaya dan Suara Tuhan. Serupa dengan doa, latihan spiritual meningkatkan kekuatan dan pengertian rohani.

ECKists menganggap Soul Travel sebagai alat untuk mengalami Illahi Roh. Perjalanan Soul dapat ekspansi umum kesadaran dan knowingness atau pengalaman sadar akan surgawi dunia.

The ECKist juga menempatkan nilai tinggi pada wawasan rohani yang bisa diperoleh dari mimpi, dan ECKists banyak menyimpan jurnal untuk merekam mimpi mimpi dan  pengalaman Soul Travel.

Inisiasi

Kemajuan rohani individu dalam ECK tercermin dalam serangkaian inisiasi. Terutama yang penting adalah Inisiasi Kedua, di mana individu membuat komitmen pribadinya untuk ECK, dan Kelima, ketika salah satu menjadi Prakarsa Tinggi, atau Mahdis. Setiap inisiasi dari Kedua melalui Kedelapan ditandai dengan upacara yang dilakukan oleh Inisiator ECK (Lihat Klerus).

Etika Pribadi

Dalam keputusan pribadi, ECKists mengikuti persepsi batin mereka dengan bimbingan Allah, bercita-cita untuk hidup dengan atribut spiritual tertinggi: kesadaran total, tanggung jawab, dan cinta Illahi. ECKists bertindak sesuai dengan hukum manusia sekaligus menjaga perhatian pada dunia Allah. Pada saat yang sama, mereka hidup keberadaan, bertanggung jawab terlibat, membayar dengan cara mereka sendiri, melayani yang bermanfaat fungsi dalam masyarakat, dan memenuhi komitmen untuk keluarga, atasan, dan negara. ECKists melakukan tidak memeluk gaya hidup komunal. ECKist menerima tanggung jawab penuh atas semua tindakan pribadi dan keputusan.

Eckankar menganggap hal-hal seperti aborsi, perceraian, atau orientasi seksual menjadi keputusan pribadi, dan sebagai sebuah organisasi mengambil sikap tidak terlibat.

Penggunaan tembakau dan alkohol tidak disarankan; penggunaan obat lain selain untuk perawatan medis dipandang sebagai langkah mundur dalam kebebasan rohani dan sangat tidak dianjurkan. Karena ECKist memahami hidup adalah karunia dari Allah, bunuh diri adalah dipandang sebagai bertentangan dengan hukum rohani.

Eckankar menganggap pelayanan militer sebagai masalah pilihan individu dan tanggung jawab dan tidak tidak mendorong atau membiarkan perlawanan terhadap layanan dalam angkatan bersenjata. Banyak ECKists saat ini melayani dalam angkatan bersenjata atau veteran di waktu lalu.

Sebuah pengajaran ECK pusat adalah bahwa pengalaman manusia diatur oleh Hukum Karma, spiritual hukum sebab dan akibat. Jadi Jiwa individu telah membentuk hidup mereka hari ini oleh tindakan masa lalu mereka.

Seorang ECKist melihat pengalaman sehari-hari sebagai hadiah dari Tuhan, yang diberikan ke Soul untuk kebebasan spiritual.

Sebagai panduan praktis bagi tindakan selaras dengan hukum Allah, Harold Klemp telah menyarankan dua undang-undang rohani ditemukan oleh penulis Richard J. Maybury:

1) Lakukan semua yang Anda telah setuju untuk melakukan,

Dan

2) Jangan mengganggu pada orang lain atau milik mereka.

Eckankar mengakui peran spiritual penting agama lain dan pemimpin agama, seperti Yesus, Buddha, dan Muhammad. Anggota diharapkan untuk menghormati kebebasan privasi, keyakinan, dan agama orang lain.

Diet dan Perawatan Medis

Eckankar menganggap diet masalah pilihan pribadi. ECKists yang telah menerima Inisiasi Kedua didorong untuk berpuasa pada hari Jumat tetapi dapat memilih jenis puasa yang paling sesuai dengan mereka.

Daripada puasa penuh, orang dapat makan ringan atau hanya menjaga perhatian seseorang pada Tuhan dan Hal Baik sepanjang hari.

Pengobatan penyakit dan cedera adalah juga terserah kepada setiap individu. Kuil mendorong anggota untuk mencari nasihat dari dokter atau praktisi kesehatan lainnya berlisensi yang diperlukan. Semua keputusan yang berhubungan dengan pengobatan medis adalah masalah pilihan individu.

Lihat Kematian

ECKists percaya bahwa masing-masing dari kita adalah Soul, percikan Allah yang dikirim ke dunia ini untuk mendapatkan pengalaman rohani . Dalam pengakuan bahwa Soul bertahan kematian fisik, mereka sering menyebut kematian sebagai transisi.

Banyak ECKists lebih memilih kremasi untuk penguburan. Layanan The Memorial ECK menghormati perjalanan Jiwa dan dilakukan oleh seorang anggota ulama ECK.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

ECKANKAR Web site: http://www.eckankar.org


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: