Pembuka   Leave a comment

Blog ini di peruntukkan untuk share wawasan dalam ranah spiritual (baca = metafisika) baik melalui sudut pandang ilmu hikmah, kejawen maupun dari organisasi spiritual dari ‘barat’ seperti : Eckankar, Raelian, The Golden Dawn, Aurum Solis.

Eckankar adalah suatu organisasi yang mengajarkan ekspansi kesadaran ke alam lain. Kita menyebutnya meraga sukma. Di Eckankar ada dream travel (perjalanan mimpi) dan soul travel (perjalanan sukma).  Tak ada ritual aneh dan mantra tertentu. Di Eckankar, semua bungkus kultur di lepas. Tak ada ritual ceremonial penyembahan, yang ada adalah bagaimana bisa kontak dengan Suara dan Cahaya Tuhan, supaya tiap anggotanya punya pengalaman spiritual masing masing dan tidak hanya percaya pada pengalaman spiritual pemimpinnya. Tekniknya sangat sederhana. Tujuan Eckankar : menjadikan Tuhan bagian keseharian kita. Buat yang bergelut di bidang tasawuf tentu paham maksud tujuan ini.

Lebih dari itu, organisasi ini ada di 100 negara, dan banyak anggotanya dari lintas agama, bangsa dan pekerjaan, biasa bertemu di alam non fisik. Di Indonesia, secara rutin ada pertemuan bulanan ( fisik) di Jakarta dan Bali.  Sayangnya pertemuannya dalam bahasa Inggris karena memang tuan rumahnya dan speakernya bukan orang lokal.  :)

Raelian bukan grup mistik. Ini adalah aliran agama baru mirip Star Trek. Dimana mereka percaya kita di ciptakan oleh alien (makhluk UFO). Menggelikan ?!? Jangan ….. sebelum anda baca ulasan mereka yang mungkin bisa menyentuh ratio / akal sehat anda.

Kenapa yang grup mistik dari barat juga masuk ? Karena memang di sana juga ada. Tapi keterbatasan bahasa membuat banyak rekan malas membaca tentang mereka. Suka Harry Potter dengan tongkat sihirnya ? Itulah MAGICK (pake K) yang pakai  metode mirip Golden Dawn dan Aurum Solis.

Orang bilang Kejawen ruwet, Chinese juga ruwet. Nyatanya ‘orang barat’ juga ruwet. Mereka gabungkan Yahudi (Kabbala), Mesir dan Yunani untuk ilmu gaib mereka.  Ritualnya ruwet, tekniknya juga ruwet. Inilah yang di sebut mistik Rosicrucian Order…. kadang disebut Free Mason juga. Masonic…. Ordo yang konon dibelakang negara adi kuasa di bumi ini.

Tujuannya adalah untuk memperluas referensi, supaya pola pikir spiritual kita tidak terbungkus doktrin yang tertanam sejak kecil. Bukankah belajar itu wajib ? Dan mungkin dari sudut pandang lain kita mungkin menemukan apa yang cocok bagi kita. Jadi tidak ada tujuan mendiskreditkan kepercayaan apapun.

Juga akan di share terkait dengan hal  yang banyak dimuat di iklan paranomal, juga mungkin di blog / website sebelah, sebagai pembanding, tambahan wawasan dalam rangka meningkatkan kesadaran agar tidak mudah tertipu sehingga banyak waktu dan uang yang terbuang percuma.

Special thanks untuk website dan blog lokal (berbahasa Indonesia) yang memiliki visi sama, sharing pengetahuan atau bahkan memberikan ijazah suatu ilmu hikmah / kejawen…… and no thanks buat situs sejenis yang cuma promosi saja, tidak ada layanan sharing pengetahuannya….

Jika ada copy paste di blog ini, pasti sumbernya di cantumkan, dan mohon maaf jika ternyata bukan sumber pertama karena banyak pilihan waktu pakai mbah Google. Juga mohon maaf jika ada yang tersinggung, karena tak ada orang yang bisa buat semua orang merasa senang.

Semoga isi blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: